Wisata Terbaik di Ankara yang Wajib Kunjungi 

Destinasi Wisata Terbaik di Ankara yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Terbaik di Ankara yang Wajib Kunjungi – Ankara adalah ibu kota Turki sejak tahun 1923, menggantikan Konstantinopel atau Istanbul. Kota ini juga menjadi ibu kota Provinsi Ankara. Sebelumnya, Ankara dikenal dengan nama Angora atau Engürü; pada masa Romawi dikenal sebagai Ancyra; dan pada masa Hellenistik sebagai Áŋkyra.

Turki memiliki banyak sekali bangunan dengan arsitektur yang menawan dan indah. Maka dari itu Turki menjadi negara primadona para turis untuk berwisata melihat keindahan bangunan tersebut. Bangunan nan indah tersebut bisa kamu temukan di Ankara, ibu kota Turki yang letaknya berada di tengah negara.

Nah, buat kamu yang ingin menjadikan Ankara sebagai kota liburanmu, berikut ada destinasi wisata terbaik di Ankara yang wajib kamu kunjungi. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut.

1. Museum Ethnography Ankara 

Mengunjungi Ankara tidak akan bermanfaat jika kamu belum mengedukasi diri dengan belajar sejarah dan kebudayaan Turki di museum ini. Museum yang didirikan cukup lama yakni antara 1925-1928 ini memiliki banyak sekali koleksi bersejarah yang masih terawat dengan baik.

Di museum ini, kamu akan dipandu dengan berbagai bacaan edukasi yang berkaitan dengan sejarah Turki dari awal sampai berbentuk republik sekarang ini.

2. Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk 

Turki adalah salah satu negara yang sangat menghormati para pemimpin bangsa. Hal itu dibuktikan dengan membuat sebuah museum yang mengenang masa perjuangan bapak Turki modern yakni Mustafa Kemal Ataturk.

Kini kisah perjuangan dan makamnya masih tersimpan rapi di Mausoleum Mustafa Kemal Ataturk. Dari awal didirikan sampai detik ini, kawasan museum ini tidak pernah sepi dari incaran wisatawan lokal maupun internasional.

3. Kocatepe Mosque 

Seperti yang diketahui bahwa Turki adalah negara dengan islam sebagai mayoritas agama yang diikuti. Maka dari itu banyak sekali bangunan bernuansa Islam yang bisa kamu temukan di ibu kota negara ini. Salah satunya yakni masjid agung yang bernama Kocatepe Mosque.

Dengan panjang 67 meter, lebar 64 meter, serta dikengkapi 4 menara membuat Masjid Kocatepe menjadi satu-satunya masjid terbesar di Ankara. Hal ini bisa dibuktikan di seluruh penjuru mana un kamu berada di Ankara, menara masjid ini terlihat dengan jelas.

4. Teater Romawi

Turki adalah salah satu negara yang dulunya merupakan wilayah dari Kekaisaran Romawi. Hal itu bisa dibuktikan dengan bangunan teater kuno yang sudah berdiri sejak 200 masehi di pusat kota Ankara.

Meskipun sudah berdiri berabad-abad lalu, bangunan teater ini masih terjaga walaupun masih ada sebagian yang hancur karena termakan usia.

Saat ditemukan bangunan teater ini untuk pertama kalinya, ternyata terdapat banyak sekali pahatan indah yang menghiasi bangunan ini. Akhirnya pahatan tersebut di pindahkan ke Museum Anatolia untuk diamankan dan diteliti lebih lanjut.

5. Kastil Ankara

Pesona keindahan Kota Ankara dapat kamu lihat dengan jelas setelah menaiki Kastil Ankara, sebuah kastil yang terletak di pusat kota ini memiliki panjang 350m dan lebar 150m. Dengan luas tersebut, kamu bisa berjalan-jalan melihat sebuah kastil kuno yang masih terjaga sampai sekarang.

Diperkirakan Kastil Ankara ini sudah berdiri pada zaman pemerintahan Konstans II. Kemudian sedikit mengalami kehancuran pada peristiwa penangkapan dan penghancuran Ankara oleh Bangsa Persia.

Meskipun sedikit kuno dan mulai menua, namun kastil ini masih jadi tempat idola para turis yang ingin mengabadikan momen liburan di Ankara baik sendirian atau bersama pasangan maupun keluarga.

Itulah kelima destinasi wisata terbaik di kota Ankara, ibu kota Turki yang wajib kamu kunjungi kala liburan ke sana.