Olahraga Simpel yang Bantu Perbaiki Kualitas Tidur

Olahraga Simpel yang Bantu Perbaiki Kualitas Tidur

Olahraga Simpel yang Bantu Perbaiki Kualitas Tidur – Apakah selama ini kamu sulit tidur atau tak nyenyak sehingga tidur jadi tak berkualitas. Banyak upaya bisa dilakukan, mulai dari tidur delapan jam hingga meminum semacam obat tidur. Tetapi, ada pula satu cara simpel yang dinilai bisa membuatmu mendapatkan tidur yang lelap, yakni olahraga.

Olahraga ringan dinilai bisa melemaskan tubuh sebelum tidur hingga membuatmu nyaman ketika tidur. Selain itu dikatakan shape.com jika berolahraga sebelum tidur meningkatkan metabolisme tubuh hingga membuat energi lebih banyak terbakar dan mudah mengantuk. Berdasarkan jurnal “Interrelationship between Sleep and Exercise: A Systematic Review,” sudah ada banyak penelitian yang membahas hal ini dan memang menemukan pengaruh positif olahraga terhadap tidur.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, sekitar 20 persen populasi di seluruh dunia menghadapi masalah tidur seperti insomnia, kurang tidur atau masalah tidur lainnya.

Berolahraga atau lakukan latihan lainnya nyatanya membuat banyak dampak pada kebiasaan tidur seseorang. Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, berolahraga juga bisa mengatur ritme sirkadian yang mengatur siklus tidur-bangun dan membantumu tidur nyenyak.

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan atau Deep Breathing Exercise (DBE) akan memperlambat detak jantung dan menormalkan irama pernapasan. Ini juga membantu menurunkan stres dan ketegangan.

DBE juga bisa menutup gangguan dan membantu seseorang fokus pada pernapasan. Ini tentu sangat menenangkan dan merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga membantu tidur lebih cepat.

Disarankan untuk melakukan DBE selama 10-15 menit, setidaknya dua jam sebelum tidur.

Yoga

Masalah tidur sering terjadi pada orang dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga harian bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, mengurangi gangguan tidur dan juga membantu seseorang bangun dengan bersemangat di pagi hari.

Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan seperti crunch dan leg press bisa menjadi latihan yang bagus untuk meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan kekuatan setiap hari di pagi hari membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

Latihan-latihan ini membantu meningkatkan kekuatan otot. Penguatan otot membantu kita mengatasi beban kerja sehari-hari dengan lebih baik. Ini juga membantu dalam stimulasi beberapa hormon yang membantu perbaikan tidur.

Aerobik

Aerobik yang dikenal sebagai latihan kardio adalah aktivitas fisik yang meningkatkan detak jantung. Ini termasuk berlari, berjalan, berenang atau bersepeda.

Latihan aerobik juga bisa meningkatkan suhu tubuh. Setelah 30-90 menit, tubuh mulai mendingin sendiri dan penurunan suhu tubuh ini menandakan tubuh butuh istirahat, sehingga kamu akan mengantuk.