Liburan Asyik dan Aman di Masa New Normal

Liburan Asyik dan Aman di Masa New Normal

Liburan Asyik dan Aman di Masa New Normal, – Hampir semua sektor terpukul akibat pandemi virus corona atau COVID-19, salah satunya sektor pariwisata. Setelah sekian lama aktivitas dilakukan di rumah, dorongan untuk berlibur sudah pasti menggebu.

Tak bisa dimungkiri, pola kehidupan dan kebiasaan kita saat ini dan masa mendatang bakal mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Menggunakan masker, face shield, rajin cuci tangan, berbekal hand sanitizer, serta menjaga jarak di masa new normal sudah selayaknya hal lazim.

Penerapan protokol new normal tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari tentu berpengaruh juga pada cara kita beraktivitas bahkan melakukan liburan dengan tetap aman.

Selain itu, keinginan tinggi untuk liburan usai karantina mandiri selama lebih dari 3 bulan terakhir membuat orang mencari ‘jalan tengah’. Orang jadi cenderung memilih tempat wisata lokal lebih dekat dari rumah.

Terlebih, pemerintah juga telah bertahap membuka kembali tempat umum dan kawasan wisata untuk publik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Nah, bagi Anda yang sudah tak sabar ingin refreshing dan jalan-jalan, berikut tips aman liburan di masa new normal.

  • Hindari keramaian

Pertimbangkan baik-baik tujuan liburan Anda apakah tempat tersebut bakal ramai dikunjungi orang atau tidak. Alternatif lain, Anda bisa datang lebih awal sesaat setelah tempat dibuka agar mengurangi potensi berkerumun dengan banyak orang yang tak dikenal.

  • Ketersediaan layanan registrasi online

Utamakan tempat wisata yang menyediakan layanan registrasi online. Layanan ini lebih hemat waktu, aman, dan nyaman.

Selain itu calon pengunjung akan lebih bebas memilih harga tiket masuk yang ditawarkan serta berpeluang mendapat diskon. Biasanya penyelenggara tempat rajin memberi diskon bagi pelanggan yang membayar secara nontunai atau pada momen-momen tertentu.

  • Pilih tempat rekreasi terdekat

Ini bisa jadi pilihan yang baik bagi Anda yang sudah memiliki anak. Tak ada salahnya pergi ke tempat rekreasi terdekat yang menyediakan beragam wahana bermain anak ketimbang harus pelesir ke luar kota bahkan ke luar negeri yang masih tertutup bagi pengunjung.

Dengan memilih tempat wisata lokal yang dekat dari rumah, Anda bisa merasa lebih aman, tak capek melakukan perjalanan panjang, dan tentunya hemat biaya.

  • Cek kesiapan tempat wisata

Sembari menentukan tujuan, Anda bisa mengecek kesiapan tempat sesuai dengan protokol new normal. Misalnya, standar sirkulasi udara, penerapan jam kunjungan dan kontrol keluar-masuk pengunjung, jadwal penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu sebelum masuk area.

Kemudian ketersediaan hand sanitizer, imbauan jaga jarak, menyediakan transaksi nontunai, kesiapan protokol petugas seperti menggunakan face shield, sudah tes covid dan sebagainya.

  • Menyediakan transaksi nontunai

Uang tunai merupakan salah satu media penyebaran bakteri dan virus. Dengan meminimalkan penggunaan uang tunai dalam bertransaksi, itu berarti Anda juga mencegah diri dan keluarga Anda dari paparan virus, bukan?

Untuk meningkatkan kenyamanan liburan, tempat wisata yang memiliki fasilitas pembayaran cashless tentu akan meningkatkan keamanan liburan.

  • Membawa peralatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa dan menggunakan barang-barang pribadi yang dibawa saat bepergian selama pandemi agar mencegah risiko penularan penyakit. Ini termasuk alat makan, botol air minum, pakaian ganti.

Lebih baik apabila membawa bekal makanan-minum sendiri dari rumah agar lebih higienis. Jika terpaksa beli, selektif memilih restoran yang bersih. Siapkan juga perlengkapan masker dan face shield tambahan sebagai perlindungan ganda.

Itulah tips liburan aman di era new normal. Meski Anda sudah tidak sabar untuk ke luar rumah dan menikmati masa liburan bersama keluarga, tetap utamakan kesehatan diri sendiri dan keselamatan orang lain, ya. Pastikan untuk selalu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer ke mana pun.