5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit – Kita semua pasti pernah mengalami kurang tidur dan merasakan efek jangka pendeknya, seperti merasa lesu, lebih emosional, kurang fokus, dan mengantuk di siang hari. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi kinerja, seperti kurangnya perhatian, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, dan pengambilan keputusan yang buruk. Karenanya, begadang dan kegiatan yang menyebabkan kurang tidur harus dihindari sebisa mungkin.

Tapi kabar baiknya, tubuh yang tidak fit akibat kurang tidur dapat dipulihkan secara instan dengan beberapa cara sederhana. Berikut beberapa tips yang dapat membantu memulihkan tubuh setelah begadang semalaman dikutip dari laman Health dan Everyday Health.

1. Jalan-jalan di luar

4259444693 - 5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

Cara terbaik untuk mengawali hari setelah begadang semalaman adalah berjalan-jalan di luar ruangan. Melansir dari https://maxbetresmi.com/  sebagai tambahan, jangan pakai kacamata hitam agar kamu mendapatkan paparan cahaya alami untuk menekan produksi melatonin, yaitu hormon yang membuat kamu mengantuk. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih waspada.

Sinar matahari juga bisa meningkatkan suasana hati. Ini karena paparan sinar matahari memicu pelepasan serotonin, yaitu hormon yang memicu perasaan senang.

2. Minum kopi agar kamu tetap terjaga

048000900 1577930449 Tips Minum Kopi dengan Cara Lebih Sehat shutterstock 337500677 - 5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

Kopi dapat berguna sebagai stimulan, dan kamu mungkin perlu satu atau beberapa cangkir kopi setelah begadang semalaman. Sebab, kafein dalam kopi dapat membantu kamu tetap terjaga dan fokus.

Akan tetapi, hindari minuman berenergi tinggi kafein karena dapat menyebabkan sentakan energi. Akibatnya, minuman berenergi mungkin bisa memperburuk efek begadang dan membuat kamu kembali sulit tidur pada malam harinya.

3. Istirahat 25 menit di siang hari

kesehatan tidur siang 30 menit 2017 06 11 222313 0 - 5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

Istirahat sejenak di siang hari bermanfaat untuk menyegarkan tubuh setelah tidak tidur semalaman. Namun, hindari tidur terlelap karena kamu mungkin justru akan bangun dengan perasaan sangat pening. Dan yang lebih buruk, tidur siang yang lama akan mengganggu homeostasis tidur-bangun tubuh.

Manfaatkanlah waktu siang hari untuk beristirahat selama 25 menit. Itu adalah waktu yang cukup untuk membuat tubuh segar seketika tanpa memengaruhi tidur malam.

4. Makan makanan bernutrisi dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik

13277  730x420px - 5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

Ketika kamu kurang tidur, tubuh akan mencoba untuk menghemat energi, sehingga kamu mungkin tidak memiliki energi. Agar tidak semakin parah, hindari makanan cepat saji yang dapat membuat kamu merasa tidak berenergi dan lemas sepanjang hari.

Sebagai gantinya, pastikan kamu makan makanan bergizi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini penting untuk membuat kamu tetap fokus dan memiliki energi untuk beraktivitas.

5. Lakukan olahraga ringan

olahraga di rumah1 - 5 Tips Pulihkan Tubuh Setelah Begadang Agar Langsung Fit

Begadang semalaman berpotensi membuat kamu lemas dan kurang bersemangat pada pagi harinya. Akan tetapi, melakukan latihan aerobik sedang dapat memberi kamu semangat instan. Namun, jangan berlebihan karena akan membuat kelelahan yang kamu rasakan menjadi semakin parah.