5 Cara Mudah Meningkatkan Kelenturan Tubuh Melalui Olahraga

5 Cara Mudah Meningkatkan Kelenturan Tubuh Melalui Olahraga – Seiring bertambahnya usia, otot secara bertahap menjadi lebih pendek dan mulai kehilangan elastisitas. Penuaan juga dapat mengurangi rentang gerak di pinggul, bahu, dan tulang belakang.

 

cegah cedera dengan melakukan latihan kelenturan tubuh 1572842433 - 5 Cara Mudah Meningkatkan Kelenturan Tubuh Melalui Olahraga

Kabar baiknya, kamu bisa meningkatkan kelenturan otot di usia berapa pun. Jika kamu menerapkan latihan fleksibilitas secara rutin, itu dapat sangat meningkatkan kesejahteraan fisik dan membantu mengimbangi efek penuaan pada tubuh.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk meningkatkan kelenturan tubuh dengan praktik olahraga yang dirangkum dari laman Cleveland Clinic dan Men’s Journal.

1. Lakukan yoga secara rutin

Mengkutip dari http://www.cipoline.info/ Latihan yoga secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas serta membuat kamu jadi lebih kuat dan lebih fokus secara mental.

Mengikuti kelas yoga dasar atau pemula sekali atau dua kali seminggu akan membantu melemaskan otot yang tegang akibat gaya hidup sehari-hari. Kamu juga bisa memilih yoga yang berfokus pada peregangan beberapa area tubuh sekaligus atau berfokus pada pose yoga yang menargetkan area tertentu, seperti pinggul, punggung, atau bahu.

2. Cobalah tai chi

Tai chi melibatkan serangkaian gerakan tubuh yang dilakukan dengan lambat dan terfokus sambil bernapas perlahan dan dalam.

Olahraga asal Tiongkok kuno ini adalah aktivitas berdampak rendah yang mengurangi tekanan pada otot dan persendian sehingga aman dilakukan oleh individu dari segala usia serta tingkat kebugaran. Tai chi akan membantu meningkatkan kekuatan, kelenturan, jangkauan gerak, dan refleks kaki.

3. Lakukan peregangan dinamis daripada peregangan statis

Peregangan dinamis mempersiapkan tubuh dengan lebih baik untuk berbagai jenis gerakan yang akan kamu gunakan dalam latihan mendatang.

Sebelum memulai sesi kardio, lakukan beberapa gerakan yang melibatkan berat badan, seperti squat, lunge, push-up, side lunge, dan jumping jack. Lakukan tiga set untuk setiap gerakan selama 20–30 repetisi untuk menghangatkan seluruh tubuh. Jenis pemanasan ini akan membuat kamu sedikit berkeringat dan lebih siap untuk latihan berikutnya.

4. Prioritaskan rentang gerak penuh

Usahakan untuk melakukan latihan yang melibatkan berbagai gerakan penuh untuk mendapatkan kelenturan yang optimal.

Melakukan squat secara mendalam, misalnya, membantu membangun fleksibilitas pinggul. Lakukan latihan pada rentang gerakan penuh dengan beban lebih ringan saat mempelajari gerakan baru sebelum menggunakan beban berat dan melakukan set kerja yang berat.

5. Gunakan resistance band saat melakukan rutinitas olahraga

Tips terakhir di lansir dari http://haveyouseenhim.com Resistance band dapat meningkatkan mobilitas dan menstimulasi beberapa otot yang tidak aktif. Saat kamu mengaktifkan otot-otot di tubuh, resistance band ini membantu melibatkan kelompok otot utama untuk menciptakan ketegangan. Semakin banyak kamu meregangkan band, semakin besar resistansi yang di berikan pada otot.