3 Fakta Gurun Atacama, Salah Satu Tempat Terkering di Bumi

3 Fakta Gurun Atacama, Salah Satu Tempat Terkering di Bumi

3 Fakta Gurun Atacama,Salah Satu Tempat Terkering di Bumi  – Gurun Atacama adalah salah satu gurun yang berada di Benua Amerika, tepatnya berada di Amerika Selatan.

Gurun ini mempunyai luas mencapai 1.000 km persegi yang lokasinya di pesisir barat Amerika Selatan dan masuk dalam wilayah negara Chili, Bolivia, Argentina dan Peru.

Gurung Atacama mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan gurun lain yang ada di dunia, baik dari segi keindahanya alam dan iklimnya. Selain itu, masih banyak keunikan dan fakta menarik dari gurung ini lho!

1. Merupakan salah satu tempat terkering di Bumi

Gurung Atacama telah terkenal menjadi salah satu tempat terkering di dunia dan mempunyai iklim semi-arid, bahkan pada tengah gurun mempunyai iklim hyperarid. Bahkan curah hujan di gurun ini hanya mencapai 25 mm setiap sepuluh tahun.

Dilansir dari Livescience, Gurun ini memiliki iklim yang sangat kering disebabkan kondisi geografis dan fenomena alam di sekitarnya. Gurung Atacama dikelilingi oleh Pegunungan Andes yang bersalju dan menutup akses hujan ke sebelah barat.

Selain itu, ada juga fenomena upwelling atau arus dingin dari dasar lautan menuju ke permukaan di Lautan Pasifik. Tentunya hal tersebut dapat menahan arus evaporasi di lautan yang berpengaruh minimnya curah hujan.

2. Lokasi salah satu pertempuran terbesar di Amerika Selatan

Gurun Atacama juga tak lepas dari sejarah peperangan di Amerika Selatan, Ada tiga negara  yakni, Chili, serta koalisi dari Peru, dan Bolivia. Perang tersebut terjadi di tahun 1879-1884, diperkirakan sekitar 28 ribu korban  jiwa dari kedua belah pihak.

Perang bernama Perang di Pasifik atau War of the Pacific itu, dimenangkan oleh Chili dan membuat sebagian wilayah pesisir Bolivia dan Peru diambil alih oleh Chili.

3. Salah satu area di Bumi yang bersih dari polusi

Disebut sebagai salah satu tempat terkering di dunia, dan tak banyak makhluk hidup yang dapat bertahan di tengah gurun ini.

Akan tetapi gurun Atacama justru menjadi salah satu lokasi dengan langit yang begitu cerah dan sangat biru, karena sangat sedikitnya polusi di area gurun ini dan lokasinya yang berada di dataran tinggi.

Karena cerahnya langit di gurun ini sering dipakai sebagai lokasi observatorium untuk melihat berbagai benda-benda langit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *