Mulai 1 April, Bandara SMB II Palembang Gunakan Alat Tes GeNose

 Mulai 1 April, Bandara SMB II Palembang Gunakan Alat Tes GeNose

Bandara Sultan Mahmud Baddaruddin (SMB) II Palembang akan menerapkan tes GeNose untuk mendeteksi virus COVID-19 mulai dari 1 April 2021 mendatang. Dengan harga yang relatif lebih murah di banding PCR maupun Swab Antigen, GeNose di harapkan menjadi alternatif syarat bepergian menggunakan transportasi udara.

pemeriksaan genose 19 di stasiun kereta api 1 169 - Mulai 1 April, Bandara SMB II Palembang Gunakan Alat Tes GeNose

Melansir dari cipoline.info, “Untuk harga satu kali tes, masyarakat cukup mengeluarkan uang Rp40.000. Jika hasilnya negatif, mereka dapat langsung bepergian. Hanya saja kita masih menunggu soal regulasinya,” ungkap Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Tommy Ariesdianto.

1. Masyarakat tidak perlu antre

Beliau menjelaskan bahwa, para penumpang dapat mendaftar dengan aplikasi Farmalab di smartphone android. Setelah itu, registrasi menggunakan email penumpang agar dapat login ke aplikasi.

Penumpang yang telah mengikuti alur tersebut dapat mengisi biodata diri secara lengkap. Dari sana, penumpang dapat memilih lokasi faskes, tanggal, dan waktu tes menggunakan GeNose.

Mengutip dari haveyouseenhim.com, “Aplikasi di khususkan untuk mempermudah pemeriksaan menggunakan GeNose. Penumpang tidak perlu lagi antre, tinggal menunjukkan barcode,” jelas dia.

2. Tata cara tes menggunakan GeNose

Bagi penumpang yang sudah mendaftar, tinggal datang saja ke loket tempat tes GeNose yang di lantai tiga Sky Bridge Bandara SMB II Palembang. Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang mendapat sampel napas. Adapun sampel napas yang di ambil adalah pembuangan napas pada hembusan ketiga.

Penumpang di minta untuk menghirup napas melalui hidung dan kemudian membuangnya melalui mulut. Setelah dua kali menghirup napas dari hidung dan membuangnya melalui mulut, maka pengambilan napas ketiga langsung di hembuskan ke dalam kantong hingga terisi penuh udara.

“Hanya dengan waktu tiga menit kita sudah mengetahui hasil GeNose. Kita harap dalam beberapa waktu ke depan sudah ada regulasinya,” jelas dia.

3. Pantangan sebelum GeNose di lakukan

Dalam aturan lain sebelum pemeriksaan GeNose, para penumpang di wajibkan puasa setengah jam sebelum pemeriksaan. Jika tidak, hasil tes akan mengaburkan kondisi saluran pernapasan. Para penumpang juga di minta datang satu jam sampai 30 menit sebelum keberangkatan.

“Kalau penumpang positif. Kita akan minta untuk melakukan tes antigen. Untuk memastikan calon penumpang benar-benar sehat. Jika hasil dari test tersebut masih positif maka penumpang tersebut tidak di perbolehkan bepergian”. Tutup Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Nur Purwoko.